Apa itu SEO, Fungsi dan Manfaat SEO ?



Apa itu SEO, Fungsi dan Manfaat SEO ?













Apa itu SEO ? Pertanyaan inilah yang akan menghantui Anda apabila tetap melanjutkan untuk belajar Blog. Kok bisa? Anda akan terus menemui kata itu pada saat belajar Blog dan belajar SEO di blog Cara Dhanny ini. Alasan-nya? Yang pertama, blog siapa sih yang nggak ingin disayang Google, sebuah mesin informasi raksasa di dunia? Yang kedua, dengan disayang Google, tentunya nasib bisnis online Anda akan semakin cerah. Dan alasan yang ketiga, Blog Cara Dhanny adalah blog personal tentang belajar blog dan seo, jadi rasanya kurang afdol bila blog ini tidak membahas tentang apa itu SEO. Yuk tidak usah berlama-lama lagi, langsung saja kita ulas menjadi tiga bagian yaitu Apa itu SEO, Fungsi dan Manfaat SEO ?

Apa itu SEO ?

SEO merupakan salah satu kata yang masuk didalam daftar Istilah Penting dalam Blog dan Blogging. SEO kepanjangan-nya adalah Search Engine Optimization. Arti SEO kalau diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia yaitu optimisasi mesin pencari. Jadi, Definisi atau pengertian SEO adalah sebuah proses untuk mendatangkan visitor melalui Search Engine dengan cara memasukan keyword di search engine tersebut. Jadi, dengan melakukan teknik SEO, kebanyakan pengunjung blog berasal dari mesin pencari. Misal, saat Anda sudah terkoneksi ke Internet, di mesin pencari Google (Google.co.id), Anda ketik-kan “Belajar SEO” lalu tekan tombol Enter atau klik tombol search. Bagaimana dengan SERP yang ada di halaman pertama (Page One)? Apakah Blog atau Website Anda merupakan salah satu dari yang di tampilkan mesin pencari Google? Jika belum, berarti Anda masih perlu belajar SEO seperti saya. Intinya belajar SEO adalah bagaimana memahami mekanisme kerja mesin pencari atau algoritma dari mesin pencari. Baik mesin pencari Google, Yahoo, Bing, AOL, ASK, dan masih banyak lagi mesin pencari informasi lainnya. Namun, pembahasan keseluruhan di Blog Cara Dhanny, default yang saya gunakan adalah Search Engine Google. Alasan-nya, untuk saat ini Search Engine Google masih yang terbaik dan paling banyak penggunanya.

Fungsi SEO

Teknik SEO yang baik, bila diterapkan dalam suatu blog atau web (website) tentunya akan berdampak positif pula pada blog. Karena fungsi SEO adalah memudahkan mesin pencari dalam meng-indeks halaman web/blog kita. Dimana nanti halaman web/blog tersebut, akan tercatat didalam database mesin pencari, yang kemudian akan ditampilkan apabila informasi yang dicari pengunjung ada didalam blog kita. Intinya, fungsi SEO bagi Blog adalah untuk lebih mendekatkan blog kita dengan mesin pencari. Sehingga blog kita akan baik (friendly) di mata mesin pencari.

Manfaat SEO

Didalam dunia bisnis apalagi bisnis online, sebagian orang mungkin banyak menggunakan media iklan sebagai sarana promosi untuk mendatangkan pengunjung. Dimana Anda diwajibkan membayar untuk biaya iklan tersebut sesuai dengan ketentuan. Nah, lain cerita bila Anda menggunakan teknik SEO. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk mendatangkan pengunjung blog (blog visitor). Yang Anda lakukan hanyalah dengan “Belajar SEO “ serta menerapkan Tips dan Trik SEO didalam blog. Dengan penggunaan SEO mampu menarik pengunjung bahkan menaikkan jumlah pengunjung (trafik) dari waktu ke waktu tanpa harus mengeluarkan uang. Karena yang akan Anda lakukan adalah optimasi mesin pencari. Nantinya, mesin pencari inilah yang akan mendatangkan pengujung ke blog kita. Intinya, SEO sangat bermanfaat untuk pebisnis dengan modal minim atau untuk blogger seperti saya.

Secara keseluruhan dapat saya simpulkan bahwa SEO adalah optimasi mesin pencari. Dimana fungsi SEO sendiri adalah lebih ke tujuan SEO, yaitu blog baik dimata mesin pencari, sehingga mempunyai peluang besar untuk page one (halaman pertama) di hasil pencarian (SERP). Sedangkan manfaat SEO sendiri lebih ke dampak atau efek dari teknik SEO yang telah kita terapkan. So, gunakanlah teknik SEO yang sehat bila website atau blog Anda ingin aman.

Demikian ulasan Apa itu SEO, Fungsi dan Manfaat SEO ? Semoga bermanfaat sebelum Anda belajar blog dan belajar SEO. Bagaimana cara memilih nama blog agar lebih SEO ? Silahkan baca Tips Memilih Nama Blog dan Domain yang Tepat

2 Responses to "Apa itu SEO, Fungsi dan Manfaat SEO ?"

Silahkan berkomentar dengan baik untuk mempererat tali silaturahmi