Istilah Penting dalam Blog dan Blogging



Istilah Penting dalam Blog dan Blogging Tentunya Anda sudah tahu bukan apa yang dimaksud dengan Blog? Jika belum, silahkan baca terlebih dahulu tentang Pengertian Blog, Fungsi, Tema dan Jenis Blog . Pada saat mengelola Blog, Anda tentu akan menemui beberapa istilah penting dimana Anda sebagai blogger pemula pastinya akan merasa kesulitan bila tidak memahami artinya. Lalu bagaimana solusinya? Mudah. Anda harus mulai terlebih dahulu dengan memahami arti dari setiap istilah atau kata penting dalam dunia blogging tersebut.  Berikut ini beberapa istilah penting yang wajib Anda ketahui saat berada didalam blog maupun pada saat blogging. 

1.      Home = Halaman awal suatu Blog.
2.      Laman= Artikel khusus yang ditampilkan tersendiri pada blog. Contoh : About, Disclaimer, Sitemap, dan sebagainya.
3.      About = Halaman yang berisi informasi tentang Blog dan Pemilik Blog.
4.      Disclaimer = Peringatan yang diberikan oleh auditor. Yaitu pernyataan penyangkalan bertujuan untuk melindungi pemilik website atau situs sebagai pemberi informasi.
5.      Privacy Policy = hukum privasi, pernyataan atau dokumen hukum yang mengungkapkan beberapa cara atau semua cara mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan, dan mengelola pelanggan atau data klien.
6.      TOS = Terms Of Services, Ketentuan layanan suatu Blog/Web yang berfungsi memberi aturan sehubungan pelayanan yang ada didalam Blog/Web tersebut.
7.      Sitemap = Peta situs, atau daftar isi yang berbentuk link. Fungsinya adalah untuk memudahkan pembaca dalam pencarian judul artikel yang ada di Blog, dan memudahkan robot google dalam merayapi Blog kita.
8.      Contact = Halaman untuk menghubungi pemilik Blog (Admin).
9.      Posting = Membuat artikel yang kemudian dipublikasikan secara Online.
10.  Visitor = Sebutan untuk pengunjung Blog.
11.  Atom = Fitur untuk pembaca mendapatkan update artikel atau postingan terbaru.
12.  RSS = Really Simple Syndication, Format web feed yang ditulis dalam format XML (eXtensible Markup Language). Biasanya untuk menginformasikan suatu konten digital yang sering update. Contoh : Podcast.
13.  Favicon = Icon untuk mengidentifikasi sebuah blog atau web. Biasanya pada saat masuk blog/web, favicon akan muncul di browser dalam bentuk kecil.
14.  Bookmark = Suatu pengingat atau penanda alamat situs favorit.
15.  Search Engine = Mesin Pencari. Misal Google, Yahoo, Bing, dan sebagainya.
16.  SEO = Search Engine Optimization, yaitu optimasi mesin pencari. Fungsinya adalah untuk meningkatkan peringkat blog di mata mesin pencari.
17.  SERP = Search Engine Result Page, yaitu menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang diketik di search engine.
18.  Page Rank = Rangking blog yang diberikan oleh Google.
19.  Alexa Rank = Perusahaan milik Amazone, yang bertugas memantau trafik seluruh situs yang ada di Internet.
20.  Keyword = Kata kunci.
21.  URL = Uniform Resource Locator, yaitu rangkaian karakter dengan format standart tertentu yang digunakan untuk menunjukkan alamat sumber. Contoh URL Blog >> http://caradhanny.blogspot.com/
22.  Link = Tulisan atau gambar, yang apabila di klik akan menuju ke URL tujuan.
23.  Backlink = Link yang ditanam di Blog/Web lain, apabila link tersebut di klik akan menuju ke blog/web kita.
24.  HTML = Hyper Text Markup Language, merupakan bahasa pemrograman Web, yang peggunaannya untuk ditampilkan melalui Internet.
25.  Blog = Web Log, yaitu wadah untuk penyampaian informasi dengan media internet.
26.  Blogger = Orang yang merawat dan menggunakan Blog.
27.  Blogging = Aktifitas yang dilakukan oleh blogger.
28.  Blogroll = Fitur blog yang digunakan untuk menampilkan daftar blog lain yang di rekomendasikan.
29.  Blogwalking = aktifitas berkunjung ke blog lain. Biasanya untuk berkomentar atau memfollow blog.
30.  Blog Dummy =  Blog bayangan. Biasanya digunakan untuk memberi backlink ke blog utama. Dengan Blog dummy, kita bisa membuat dan mengarahkan backlink sesuai dengan keinginan.
31.  Blog Zombie = Blog yang sudah pernah dihapus oleh pemilik blog, kemudian untuk tujuan tertentu lalu dihidupkan atau diaktifkan kembali.
32.  Domain = Nama unik yang digunakan sebagai alamat blog. Jadi, domain ini tidak ada yang sama. Contoh : Facebook.com
33.  Template = Skin atau tampilan Blog. Dalam memilih skin, harus disesuaikan dengan tema blog.
34.  Webmaster = Sebutan bagi orang yang ahli dalam dunia Web.
35.  Google Adsense = Program kerjasama periklanan yang diselenggarakan oleh Google melalui media internet dengan system pembayaran PPC (Pay Per Click) yaitu Bayar Per Klik. Blog/Web yang diajak kerjasama berfungsi sebagai Publisher atau penayang iklan.

Setelah mengetahui daftar istilah seputar Blog dan Blogging di atas, mudah-mudahan bisa menjadi solusi bagi Anda dalam me-maintenance (merawat) Blog, serta memudahkan Anda dalam melakukan aktifitas blogging (Ngeblog). 
Demikian ulasan singkat saya mengenai “Istilah Penting dalam Blog dan Blogging”, semoga menjadi modal awal bagi Anda sebagai Blogger Pemula (Newbie) untuk menuju kesuksesan menjadi Blogger Profesional.

0 Response to "Istilah Penting dalam Blog dan Blogging "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik untuk mempererat tali silaturahmi