Tips Memilih Nama Blog yang Tepat



Tips Memilih Nama Blog yang Tepat





Bagaimana cara memilih nama blog atau judul blog yang benar ? Pertanyaan itu mungkin pernah terdengar ditelinga Anda ketika ada seorang teman yang baru pertamakali membuat blog.  Pada saat membuat blog, tentunya langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menentukan nama blog dan domain. Oleh karena itu wajib bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu tentang Istilah Penting dalam Blog dan Blogging. Disitu terdapat pengertian domain dan juga Blog. Namun bila Anda ingin lebih jauh lagi mengenal tentang blog, silahkan baca lebih lanjut Pengertian Blog, Fungsi, Tema dan Jenis Blog . Kali ini saya hanya akan memberi catatan untuk blogger pemula berupa “Tips Memilih Nama Blog yang Tepat “.

Memberi nama blog atau judul blog bukanlah perkara mudah. Bisa dibilang gampang-gampang susah. Anda bisa membutuhkan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk meyakinkan-nya. Apakah hal ini terjadi pada Anda? Dalam pemberian judul blog atau biasa disebut Blog Title, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ibarat memberi nama untuk anak, Anda harus memikirkannya secara matang dan penuh dengan pertimbangan untuk kedepannya nanti.  Jangan sampai karena salah nama akan berdampak negatif terhadap pertumbuhan si Anak (Blog). Banyak yang bilang nama adalah do’a. Begitu juga dengan nama blog Anda, akan sangat sia-sia bukan bila Anda sudah berusaha namun tanpa di-iringi dengan do’a? Jika iya, berikut ini adalah Tips Memilih Nama Blog yang Tepat.

1.     Pilihlah nama yang menggambarkan isi dari blog Anda (Konten Blog).

Judul Blog merupakan gambaran awal dari sebuah konten. Dengan melihat judul blog, kadang orang sudah bisa menebak isi yang ada didalam blog. Bahkan nama blog juga bisa menarik perhatian pengunjung. Contohnya, pada saat pengunjung mengetik kata “Belajar Blog”, di hasil pencarian Google (Search Engine)muncul banyak sekali judul postingan atau artikel yang temanya sama namun dengan nama blog atau judul blog yang berbeda. Bahkan tidak sedikit nama blog yang tidak sesuai dengan konten. Misalkan dengan keyword “Belajar Blog” akan muncul nama blog diantaranya: Cara Bola, Cara Kuliner, dan Cara Dhanny . Tentunya Anda sudah bisa menebak bukan mana yang akan Anda pilih? (Ini hanya contoh, mohon maaf bila ada kesamaan kata pada nama blog)

2.     Nama Blog harus mudah diucapkan agar mudah di-Ingat.

Dalam hal ini, usahakan pemberian nama blog harus sesimpel mungkin dan tidak perlu terlalu panjang . Cari yang “pas”, yaitu dua kata. Contoh, Anda ingin membuat judul blog dimana konten blog tersebut tentang “Belajar SEO”. Lalu, bagaimanakah cara memberi nama/judul blog yang tepat? Tentu saja setelah mengetahui konten, kita cari dua suku kata yang bisa mewakili mayoritas isi blog. Anda bisa memberi nama blog tersebut: CARA SEO, SEOLOGIKA, SEOTIPS, CATATAN SEO, dan sebagainya.  (Ini hanya contoh, maaf bila ada kesamaan kata)

3.     Nama Blog harus sama dengan alamat domain.

Ini merupakan salah satu kasus yang sering dialami para blogger. Kadang domain yang kita inginkan sudah terpakai oleh blogger lain. Hal inilah yang menyebabkan kita harus berlomba-lomba sesama blogger untuk mendapatkan domain favorit. Lalu, bagaimana cara memilih domain yang baik? Anda tidak perlu khawatir, usahakan nama domain mendekati dengan nama blog Anda. Contohnya blog yang sedang Anda kunjungi ini, nama blog : Cara Dhanny dan domain blog ini adalah caradhanny.blogspot.com (saya masih pemula, jadi saya gunakan yang gratisan dulu). Atau misalkan nama domain tersebut sudah ada yang pakai, Anda bisa menggunakan alternative lain seperti caradhannys.blogspot.com atau caradhannyz.blogspot.com . Mengapa nama domain harus sama persis dengan Judul Blog? Karena sebagian besar netizen atau pembaca lebih mudah mengingat Judul Blog daripada Domain Blog. Jadi, pada saat mereka akan mengunjungi lagi blog tersebut,  visitor lebih identik mengetikkan judul blog di search engine (mesin pencari) daripada menuliskan alamat domain.

Dengan menerapkan tips memilih nama blog yang tepat, tentunya blog Anda akan lebih mudah dikenal orang. Dapat saya pastikan juga, URL atau link blog Anda akan menjadi lebih pendek (shortlink) dan baik di mata Google walaupun tidak menggunakan TLD (Top Level Domain). Mengenai domain, bila Anda masih dalam tahap belajar blog dan belajar SEO (blogger pemula), tidak ada salahnya kalau Anda menggunakan domain gratisan terlebih dahulu sebelum menggunakan TLD atau domain berbayar. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan subdomain blogspot, karena dashbor blogger lebih mudah penggunannya (User Interface) daripada wordpress.

Itulah sedikit tips blogging dari saya. Tidak lain dan tidak bukan, ini hanya menurut sudut pandang Cara Dhanny belajar blog dan SEO. Tentunya masih banyak lagi masukan dari teman-teman blogger lainnya tentang cara memilih nama blog atau judul blog. Caranya mudah, Anda tinggal searching di mesin telusur Google dan mengetik-kan kata-kata berikut.  “Cara Memilih Nama Blog yang Bagus”, “Tips Memilih Nama Domain”, “Contoh Nama Blog yang Bagus atau Unik”, dan Anda bisa menambah wawasan pula dengan melihat nama-nama blog terkenal di Indonesia, yang kemudian bisa dijadikan referensi sebagai pelengkap tips memilih nama blog yang tepat .      

0 Response to "Tips Memilih Nama Blog yang Tepat "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik untuk mempererat tali silaturahmi